Jumat, 23 Maret 2012

Tugas IBD Bab1

TUGAS
ILMU BUDAYA DASAR
BAB  I

TEMA
ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI SALAH SATU
MATA KULIAH DASAR UMUM
  
 NAMA : PUJIATNO
NPM : 15111603
KELAS : 1KA40


SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA KALIMALANG
KAMPUS J




1.              Pengertian, Tujuan, Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
            Ilmu sosial dasar merupakan pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial berdasarkan pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial. Ilmu sosial dasar bukan merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial dan juga bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri karena ilmu sosial dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana disiplin ilmu lainnya. Ilmu Sosial dasar diberikan di perguruan tinggi untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial sehingga mahasiswa bisa lebih tanggap dan peka terhadap lingkungannya.
llmu sosial (Inggris:social science) atau ilmu pengetahuan sosial (Inggris:social studies) adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia pada masa kini dan masa lalu. Berbeda dengan ilmu sosial secara umum, IPS tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat. IPS dijadikan sebagai mata pelajaran untuk siswa sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah tingkat pertama (SMP/SLTP) karena sifatnya yang berupa penyederhanaan dari ilmu-ilmu social.
           
2.              Jelaskan perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

            Perbedaannya :
a)      Ilmu Sosial Dasar diberikan di perguruan tinggi, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah menengah tingkat pertama (SMP/SLTP)
b)      Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran.
Persamaannya:
a)      Merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran;
b)      Keduanya dalam disiplin ilmu yang berdiri sendiri;
c)      Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial
Tujuan dari Ilmu Sosial Dasar adalah:
1.      Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masala-masalah sosial dalam masyarakat.
2.      Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3.      Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks
4.      Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka untuk menangani masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Tujuan dari Ilmu Pengetahuan Sosial :
1.   Mengenal  konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan  masyarakat    dan lingkungannya. Untuk mencapai kedalaman analisis terhadap persoalan ini, maka dalam kegiatan pembelajaran perlu disajikan media visual baik media AVA maupun media pembelajaran langsung agar siswa dapat memahami kehidupan masyarakat dalam lingkungan sendiri maupun dalam lingkungan masyarakat lain.
2.   Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,  inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial. Pencapaian tujuan ini dapat diperoleh siswa jika dalam kegaitan pembelajarannya menggunakan pendekatan Pembelajaran Problem Solve, yang musti didukung oleh data-data  persoalan persoalan kemasyarakatan melalui media Visualisasi seperti gambar, film dan sejenisnya
3.   Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan. Penumbbuhan kesadaran dan komitmen terhadap nilai sosial ini mustahil dapat tercapai jika siswa tidak mengalami langsung obyek pembelajaran yang berkaitan dengan nilai-nilai sosial kemasyarakatan, seperti dengan menampilkan kondisi sosial yang membutuhkan perhatian dan apresiasi yang positif dari siswa.
4.   Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global. Kemampuan berkomunikasi siswa akan dapat di asah sedemikian rupa yang lahir dari pengenalan, pengetahuan dan informasi data yang diperoleh melalui media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial agar mereka dapat memiliki kemampuan bersosialisasi, bekerjasama dalam konteks lokal dan global.

3.              Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar
          Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial yang berupa:
Ø  Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat
Ø  Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial
Ø  Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan sosial
  Pembahasan Ilmu Sosial Dasar antara lain:
1)      Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan;
2)      Masalah individu, keluarga dan masyarakat;
3)      Masalah pemuda dan sosialisasi;
4)      Masalah hubungan antara warga negara dan negara;
5)      Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat;
6)      Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat perdesaan;
7)      Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi;
8)      Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.



           


Referensi
1.      Nugroho, widyo and achmad muchji. 1996, Seri Diktat Kuliah, Ilmu Budaya Dasar. universitas gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar