Minggu, 04 November 2012

Tugas Teori Organisasi Umum1_3


Tugas Teori Organisasi Umum1_3


Arti Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Dalam buku “Ushuulud Da’wah“, Dr Abdul Kariim Zaidan mengemukakan bahwa pada hakikatnya kepemimpinan adalah hak publik (ummat). Publik berhak memilih pemimpin mereka, sebagaimana mereka juga berhak mencabut mandat dari pemimpin mereka.
Seorang pemimpin dibutuhkan dalam rangka mengorganisir publik untuk menjaga kemashlahatan dalam kehidupan bersama mereka. Fitrah manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan penataan. Tanpa adanya penataan, tentu akan terjadi kekacauan. Kehidupan perlu diorganisasikan, dan kepemimpinan adalah bagian tak terpisahkan dalam pengorganisasian.
Selain itu, banyak perintah agama baik dalam Alqur’an maupun dalam hadits-hadits yang shohih yang mengandung perintah yang dialamatkan kepada orang banyak, kepada ummat, kepada publik, tidak kepada individu. Sekedar contoh misalnya perintah untuk mengajak kepada kebaikan, perintah untuk alamru bil ma’ruuf, perintah untuk annahyu ‘anil munkar, perintah untuk menegakkan keadilan dan kebenaran, dll. Isi (content) dari perintah tersebut memang memerlukan kerja kolektif, tidak mungkin bisa dilaksanakan secara individual. Kerja kolektif itu memerlukan pengorganisasian, dan pengorganisasian memerlukan kepemimpinan.
Dari dua hal di atas dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan adalah kebutuhan publik, baik untuk menjaga kemaslahatan di antara mereka maupun untuk menjalankan tugas-tugas yang menjadi beban mereka. Oleh karena itu publiklah yang paling berhak untuk menentukan siapa yang akan mereka serahi sebagai pemimpin mereka. Merka juga berhak untuk mencabut mandat kepemimpinan itu jika ternyata pemimpin tersebut tidak mampu lagi menjalankan amanah publik itu.

Tipe-tipe Kepemimpinan
Diantara tipe-tipe kepemimpinan adalah:
1.Tipe Otokratik
Adalah tipe seorang pemimpin yang egois dan otoriter
2.Tipe Paternalistik
Adalah tipe seorang pemimpin yang hanya terdapat di lingkungan tradisional, contohnya : tokoh adat , ulama, dan para guru.
3. Tipe Kharismatik
Adalah tipe seorang pemimpin yang mempunyai daya tarik sendiri pada pemimpin tersebut sehingga menimbulkan simpati kepada organisasinya.
4.Tipe Laissez Faire
Adalah tipe seorang pemimpin yang
Berpandangan bahwa organisasinya akan berjalan secara lancer karena anggotanya yang terdiri dari orang – orang dewasa yang sudah memiliki tujuan organisasi.
5. Tipe Demokratik
Adalah tipe seorang pemimpin yang
Disegani bukan ditakuti karena melakukan manusia dengan cara manusiawi dan menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia
6. Tipe kepemimpinan menurut bakat (indogenious leadership)
Biasanya timbul dari kelompok orang-orang yang informal di mana mungkin mereka berlatih dengan adanya system kompetisi, sehingga bisa menimbulkan klik-klik dari kelompok yang bersangkutan dan biasanya akan muncul pemimpin yang mempunyai kelemahan di antara yang ada dalam kelempok tersebut menurut bidang keahliannya di mana ia ikur berkecimpung.

Teori-Teori Kepemimpinan

Ada beberapa teori kepemimpinan, diantaranya adalah:
         Teori Great Man dan Teori Big Bang
         Teori Sifat (Karakteristik) Kepribadian
         Teori Perilaku (Behavior Theories)
         Teori Kontingensi atau Teori Situasional

1.        Teori Great Man dan Teori Big Bang
         Kepemimpinan merupakan bakat atau bawaan sejak seseorang lahir
         Bennis & Nanus (1990) menjelaskan bhw teori ini berasumsi pemimpin dilahirkan bukan diciptakan
         Kekuasaan berada pd sejumlah org tertentu, yang melalui proses pewarisan memiliki kemampuan memimpin atau karena keberuntungan memiliki bakat untuk menempati posisi sebagai pemimpin
         “Asal Raja Menjadi Raja”
2.  Teori Sifat (Karakteristik) Kepribadian
         Seseorg dpt menjadi pemimpin apabila memiliki sifat yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin
         Titik tolak teori : keberhasilan seorang pemimpin ditentukan oleh sifat kepribadian baik secara fisik maupun psikologis
         Keefektifan pemimpin ditentukan oleh sifat, perangai atau ciri kepribadian  yang bukan saja bersumber dari bakat, tapi dari pengalaman dan hasil belajar
 3.  Teori Perilaku (Behavior Theories)
         Keberhasilan seorang pemimpin sangat tergantung pada perilakunya dalam melaksanakan fungsi-fungsi kepemimpinan
         Gaya atau perilaku kepemimpinan tampak dari cara melakukan pengambilan keputusan, cara memerintah (instruksi), cara memberikan tugas, cara berkomunikasi, cara mendorong semangat bawahan, cara membimbing dan mengarahkan, cara menegakkan disiplin, cara memimpin rapat, cara menegur dan memberikan sanksi.

Referensi.
  1. http://www.hasanalbanna.com/kepemimpinan-dalam-islam/
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Kepemimpinan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar