Kamis, 06 Desember 2012

Tugas Teori Organisasi Umum 1_4_Otobiografi


Otobiografiku

Hampir 29 tahun yang lalu tepatnya hari jumat,  6 mei 1983 diri ini dilahirkan. Pada tahun itu pulalah bahasa pemrograman c++ diperkenalkan oleh Bjarne Stroustrup. Entah ada hubungannya atau tidak, tapi yang jelas c++ telah membuatku galau akhir-akhir ini.

Terlahir didaerah yang cukup terpencil dipesisir selatan pulau jawa tepatnya didaerah cilacap. Sebuah daerah yang sangat terkenal dengan penjaranya yang mirip Alcatraz di amerika sana. Apa lagi kalo bukan Nusa Kambangan, penjara dengan pengamanan tingkat tinggi untuk penjahat-penjahat kelas tinggi pula. Namun selain itu sebetulnya ada banyak potensi kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan didaerahku. Laut dicilacap dikenal cukup dalam sehingga sangat potensial untuk dijadikan pelabuhan internasional. Hal inilah yang dimanfaatkan pertamina untuk membangun kilang minyak.
Aku lahir dari keluarga petani, meskipun desaku dekat dengan pantai – bahkan deburan ombak bisa terdengar saat malam larut - namun mata pencaharian mereka sebagian besar bertani secara turun temurun. Hanya segelintir saja yang mencari nafkah dilaut, itupun sekedar mencari semacam kerang sebagai makanan tambahan bebek. Bapakku adalah seorang pekerja keras, meskipun tidak mempunyai sawah namun sejak muda tenaganya selalu dimanfaatkan untuk bekerja disawah milik orang lain. Ibuku juga seorang petani yang ulet sehingga sudah terbiasa dengan pekerjaan sawah semenjak kecil. Meskipun lahir dari keluarga petani bapakku ternyata multi talenta, bisa menjadi pedagang, tukang bangunan, musisi desa (penabuh gamelan) dan sebagainya. Itu dilakukan karena kerasnya hidup yang dijalani sehingga melakukan apa saja asal halal untuk menafkahi keluarga.
Saat aku kecil, hidupku selalu berpindah tempat mengikuti kemana bapak ibuku mencari rezeki. Sebelum sekolah aku pernah tinggal dijakarta didaerah ciputat, itupun tidak tetap bolak-balik antara kampungku cilacap dan ciputat setelah itu aku ikut ke jambi sebagai transmigran. Saat itu aku sudah masuk sekolah kelas 2 atau 3 SD, namun karena sekolahan yang ada didekat tempat tinggal orang tuaku jaraknya 2 jam perjalanan kaki – saat itu aku belum bisa dan memang belum punya sepeda - sehingga aku disekolahkan dan tinggal ditempat bulikku didaerah kota. Selain transmigran banyak orang-orang dari pulau jawa yang mengadu nasib di jambi yang saat itu banyak pabrik pengolahan kayu untuk dijadikan papan ataupun bubur kertas.
Saat dikelas 5 SD, orang tuaku  memutuskan untuk kembali ke kampung halaman karena kondisi keamanan dijambi kurang kondusif. Hal itu disebabkan perselisihan antara orang-orang suku jawa dengan suku bugis yang mengakibatkan terbunuhnya salah satu tokoh suku bugis. Sejak itu keamanan menjadi tidak terkendali yang menyebabkan aku harus kembali ke cilacap.
Jiwa merantau mungkin menurun dari bapakku sehingga setelah lulus SMK kuputuskan untuk mengadu nasib ke negeri jiran – malaysia - . faktor terbesar yang menyebabkannya adalah lapangan pekerjaan yang tak kunjung kudapatkan dinegeri sendiri. Di malaysia aku bekerja sebagai operator produksi di pabrik minyak kelapa sawit. Sebuah pengalaman yang memberi warna tersendiri dalam kehidupanku, karena disanalah aku bisa mengenal lebih dekat berbagai macam suku bangsa dari berbagai macam negara seperti Nepal, Bangladesh, Myanmar, Vietnam, Tamil dan sebagainya. Tak kurang juga teman-teman dari negeri sendiri seperti dari lampung, jawa timur, jawa barat, jawa tengah, lombok, bima, dan sebagainya. Ternyata problem pekerjaan sudah merata hingga ke pelosok nusantara.
Sepulangnya dari malaysia, aku mengikuti program magang yang diselenggarakan oleh pemerintah indonesia – depnakertrans - dan jepang melalui yayasan IMM Japan.  Dari situlah aku mendapat kesempatan yang sangat berharga sehingga bisa merasakan kehidupan di jepang meskipun sebagai peserta magang – insya allah akan kutulis tentang pengalaman ini ditulisan yang lain - . Dari situlah mimpi-mimpiku kutulis ulang hingga akhirnya kuputuskan untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar