Jumat, 11 Januari 2013

Tulisan V Mobil Listrik Nasional


Mobil Listrik Nasional

Akhir-akhir ini kita banyak mendengar tentang proyek mobil listrik nasional yang sedang dikerjakan oleh para putra bangsa. Mengingat ketersediaan bahan bakar fosil yang semakin berkurang dan tidak bisa diperbaharui, tak elak kendaraan bertenaga listrik merupakan kendaraan masa depan yang sangat vital bagi setiap manusia.

Mobil listrik merupakan mobil yang memanfaatkan listrik yang disimpan dalam baterai untuk menggerakkan motor. Listrik itu sendiri bisa didapatkan dalam berbagai cara. Dalam bentuk konvensional menggunakan batu bara maupun bahan bakar minyak sebagai bahan bakarnya. Namun sekarang sudah banyak digunakan tenaga alternatif seperti panas bumi (geothermal), gas, nuklir yang tentunya lebih ramah lingkungan dibanding bahan bakar fosil.
Diseluruh dunia produsen-produsen mobil sudah mulai mengembangkan mobil listrik sebagai kendaraan masa depan yang efisien dan ramah lingkungan meskipun perkembangannya lambat. Hal ini dikarenakan penelitian dan pengembangan mobil listrik memerlukan biaya yang cukup besar terutama dari harga baterai yang bisa memakan sampai sekitar 30% biaya produksi. Belum lagi infrastruktur pengisian ulang batere masih perlu dibangun ditempat-tempat yang strategis sehingga pemakai tidak merasa kuatir akan kehabisan tenaga listrik dijalan.
Menyadari prospek yang sangat cerah dimasa depan, banyak ilmuwan yang mempelajari mobil listrik. Tidak terkecuali dari indonesia yang saat ini sudah mampu mengembangkannya. Hanya saja untuk bisa memproduksi secara massal diperlukan dukungan dari semua pihak. Dari level pemerintah tentang regulasi, serta masyarakat sebagai konsumen mengingat subsidi bahan bakar minyak sudah sangat besar. Sehingga ketika masyarakat sudah beralih ke mobil listrik, subsidi tersebut bisa dialihkan untuk pembangunan infrastruktur maupun sebagai jaminan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar