Jumat, 12 Oktober 2012

Menuju Indonesia maju 2020 bagian kedua


Menuju Indonesia maju 2020

Bagian Kedua
Prediksi Ekonomi Indonesia ditahun 2020

Tulisan ini merupakan serial bersambung yang akan membahas tentang proyeksi indonesia dalam sepuluh tahunan mendatang yang saat itu di perkirakan indonesia menjadi sebuah negara maju. Dan peran serta kita untuk ikut menyukseskan pembangunan dan menjadi bagian dari kemajuan tersebut.
Pada bagian kedua ini akan di uraikan tentang prediksi ekonomi indonesia di tahun yang 2020 berdasarkan analisa kondisi perekonomian indonesia secara makro, sumber daya alam berlimpah serta ekonomi global.



Dalam berbagai media digambarkan secara positif mengenai prediksi perekonomian indonesia ditahun 2020.


“Sejak pertengahan November 2010 perhatian para pengamat dan ahli ekonomi dunia tertuju pada laporan yang diterbitkan oleh Bank Standard Chartered di Inggris yang berjudul The Super-cycle Report. Pada intinya laporan ini menyatakan bahwa sejak tahun 2000 perekonomian dunia sedang berada pada fase pertumbuhan tinggi yang masih akan terus berlangsung sampai dengan beberapa dekade yang akan datang. Periode pertumbuhan ekonomi yang tinggi selama beberapa dekade inilah yang disebut sebagai super-cycle. Indonesia,  diperkirakan akan menjadi bintang perekonomian Asia: dari di peringkat ke-28 di tahun 2000, Indonesia akan menyodok ke peringkat ke-10 di tahun 2020 dan peringkat ke-5 kekuatan ekonomi dunia di tahun 2030! Dengan GDP sebesar 9,3 trilyun USD pada tahun 2030 (tahun 2010: 1,1 trilyun USD), Indonesia akan menguasai 3% dari GDP dunia tahun tersebut (tahun 2010:1,7%) .



Sedangkan peta perekonomian global akan berubah dimana negara-negara yang saat ini sedang berkembang akan menjadi negara maju.
Jakarta, WartaUKM.com – Pertumbuhan ekonomi dunia kini berpindah dari negara maju ke negara-negara berkembang. Pada 2015-2020, ekonomi dunia dikuasi oleh negara-negara berkembang. Bahkan pada 2020, pertumbuhan gross domestic product (GDP) Cina akan mengungguli penduduk Amerika Serikat (AS). Demikian disampaikan Direktur Utama PT Schroder Investment Management Indonesia, Michael Tjandra Tjoajadi di Jakarta, Senin, 19 September 2011. ”
            Hal pokok yang menunjang perekonomian indonesia adalah melimpahnya sumber daya baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Diantara sumber daya alam indonesia antara lain :
1.Batu bara
Di indonesia, sumber batu bara tersebar di 19 provinsi dengan jumlah total 61.366 milyar ton batu bara.
2.Minyak bumi
Minyak bumi bisa ditemukan hampir diseluruh wilayah indonesia dari pulau sumatera hingga papua. Namun ada beberapa tempat yang mempunyai kandungan minyak bumi yang tinggi.
3.Emas dan berbagai jenis mineral logam lainnya.
Sumber daya alam yang sangat melimpah itulah yang akan menjadi modal besar bagi pertumbuhan ekonomi indonesia  jika dikelola denga baik serta dikuasai oleh negara untuk kemakmuran rakyat indonesia.

Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar