Jumat, 12 Oktober 2012

Tugas Teori Organisasi Umum 1_1


Tugas Teori Organisasi Umum 1_1

Pertanyaan.
1.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan Organisasi.
2.    Mengapa organisasi disebut wadah dan proses.
3.    Organisasi ada formal dan informal, jelaskan masing-masing dan berikan contohnya.
4.    Ceritakan pengalaman pribadi baik diorganisasi formal maupun informal.



Jawaban
1.         Organisasi adalah wadah yang memungkinkan masyarakat dapat meraih hasil yang sebelumnya tidak dapat dicapai oleh individu secara sendiri-sendiri.
Menurut Mithzal (2009) "organisasi merupakan suatu unit terkoordinasi yang terdiri setidaknya dua orang, berfungsi mencapai satu sasaran tertentu atau serangkaian sasaran".
Menurut Wiber (1968) adalah struktur birokrasi.
Menurut Sutarto (1995) "organisasi sebagai kumpulan orang, proses pembagian kerja dan system kerjasama atau system social".
Menurut Jones (1995) mendefinisikan organisasi sebagai respons terhadap makna nilai-nilai kreatif untuk memuaskan kebutuhan manusia.
Sedangkan menurut Barnard (anonym, 2000) adalah suatu system aktivitas yang dikoordinasikan secara sadar oleh dua orang atau lebih.
2.         Organisasi sebagai wadah dan proses.
  • Organisasi sebagai wadah adalah tempat dimana kegiatan-kegiatan administrasi dan manajemen dilakukan (Sondang P. Siagian)
  • Organisasi sebagai wadah adalah tempat manajemen memberikan bentuk bagi manajemen sehingga memungkinkan manajemen dapat bergerak (Sukarno)
  • Organisasi sebagai proses adalah bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk tujuan bersama dan terikat  secara formal dalam persekutuan yang  disebut sebagai pimpinan dan kelompok lain yang disebut sebagai bawahan (Sondang P. Siagian)
  • Organisasi sebagai proses mengandung hubungan formal diatur dalam hukum pendirian organisasi, struktur organisasi, hirarki organisasi, dsb dan hubungan informal  merupakan hubungan pribadi, karena kesamaan keahlian, kesamaan kepentingan, kesamaan interes dalam kegiatan di luar organisasi
3.         Organisasi formal dan informal
Organisasi formal/ Resmi adaah organisasi yang dibentuk oleh sekumpulan orang/masyarakat yang memiliki suatu struktur yang terumuskan dengan baik, yang menerangkan hubungan-hubungan otoritasnya, kekuasaan, akuntabilitas dan tanggung jawabnya, serta memilki kekuatan hukum. Struktur yang ada juga menerangkan bagaimana bentuk saluran-saluran melalui apa komunikasi berlangsung. Kemudian menunjukkan tugas-tugas terspesifikasi bagi masing-masing anggotanya. Hierarki sasaran organisasi formal dinyatakan secara eksplisit. Status, prestise, imbalan, pangkat dan jabatan, serta prasarat lainya terurutkan dengan baik dan terkendali. Selain itu organisasi formal tahan lama dan mereka terencana dan mengingat bahwa ditekankan mereka beraturan, maka mereka relatif bersifat tidak fleksibel. Contoh organisasi formal ádalah perusahaan besar, badan-badan pemerintah, dan universitas-universitas (J Winardi, 2003:9).
Sedangkan organisasi informal merupakan struktur organisasi yang tidak terbentuk secara jelas dan tujuan yang dibentuk berjalan secara insidental. Contohnya pertemuan tidak resmi makan malam bersama, belajar bersama, dll.
4.         Pengalaman pribadi dalam organisasi formal maupun informal
            Sebagai seorang yang pernah mengalami saat-saat belajar disekolah secara langsung maupun tidak langsung ikut serta dalam bagian organisasi. Secara formal ketika masa Sekolah Dasar kelas VI pernah ditunjuk sebagai wakil ketua kelas. Penilaian waktu itu lebih didasarkan pada nilai akademis dibandingkan kemampuan memimpin sehingga jabatan tersebut kurang berjalan efektif. Dan sekarang dilingkungan RT diberi amanah sebagai seksi kerohanian dalam struktur kepengurusan RT. Sedangkan pengalaman organisasi informal ada begitu banyak karena sifatnya yang tidak terbentuk secara jelas. Antara lain belajar kelompok, reuni mantan peserta magang, mailing list, berkumpul saat demo buruh, berkumpul menunggu jemputan bis kerja, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar